Sebagai Integrasi Data Apakah NISN Bakal Diganti dengan NIK ? - Dapodik | Data Pokok Pendidikan

Breaking

Dapodik | Data Pokok Pendidikan

Komunitas Operator Dapodik

PASANG IKLAN BANNER 728X90 HUBUNGI KAMI

Wednesday, April 17, 2019

Sebagai Integrasi Data Apakah NISN Bakal Diganti dengan NIK ?

Laman NISN

Integrasi Data, NISN Diganti dengan Nomor Induk Kependudukan, benarkah?. Rilis Dari laman Kemdikbud bahwa mulai tahun ajaran 2019/2020 yang akan datang yaitu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) akan diganti dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan integrasi data kependudukan dengan data pendidikan.

Menilik dari inisiatif ini Secara teori bahwa Data Integration atau integrasi data merupakan suatu proses menggabungkan atau menyatukan dua atau lebih sebuah data dari berbagai sumber database yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan yaitu seperti gudang data (data warehouse). Menggabungkan satu data dengan data lainnya (Data integration) sangat perlu dilakukan secara teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Layaknya NISN yang terintegrasi dengan NIK mungkin akan lebih mudah dalam pendataan integrasi data bertujuan untuk mendukung tercapainya rencana pemerintah dalam mewujudkan program wajib belajar 12 tahun.

Integrasi data kependudukan dengan dapodik ini merupakan kesepakatan kerja sama antara Mendikbud Mendagri seperti twitter @kemdikbud berikut ini:



No comments:

Post a Comment

Terimakasih!.. :)